HADIS TENTANG IDDAH DAN IHDAD
Matan Hadis Dan
Terjemahannya
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ قَزَعَةَ
حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ الْمِسْوَرِ بْنِ
مَخْرَمَةَ أَنَّ
سُبَيْعَةَ الْأَسْلَمِيَّةَ نُفِسَتْ بَعْدَ وَفَاةِ زَوْجِهَا بِلَيَالٍ فَجَاءَتْ
النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاسْتَأْذَنَتْهُ أَنْ تَنْكِحَ فَأَذِنَ
لَهَا فَنَكَحَتْ (رواه البخاري)[1]
Berkata Yahya bin Qaza’ah berkata
Malik dari Hisyam bin ‘Urwah dari Ayahnya dari Miswar bin Mahramah bahwasanya
Subaiah dalam beberapa malam setelah suaminya wafat melahirkan anaknya, lalu
datang kepada Nabi SAW minta izin kawin, beliau memberi izin kepadanya, lalu
dia kawin. (Riwayat
Bukhari)
Disamping hadis utama diatas, penulis memaparkan beberapa
hadis pendukung. Tepatnya yang menjelaskan tentang ihdad yaitu:
وَعَنْ أُمِّ
عَطِيَّةَ; أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( لَا تَحِدَّ اِمْرَأَةٌ
عَلَى مَيِّتٍ فَوْقَ ثَلَاثٍ إِلَّا عَلَى زَوْجٍ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا,
وَلَا تَلْبَسْ ثَوْبًا مَصْبُوغًا, إِلَّا ثَوْبَ عَصْبٍ, وَلَا تَكْتَحِلْ, وَلَا
تَمَسَّ طِيبًا, إِلَّا إِذَا طَهُرَتْ نُبْذَةً مِنْ قُسْطٍ أَوْ أَظْفَارٍ.
) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَهَذَا لَفْظُ مُسْلِمٍ وَلِأَبِي دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيِّ
مِنْ اَلزِّيَادَةِ: ( وَلَا تَخْتَضِبْ ) وَلِلنَّسَائِيِّ: وَلَا
تَمْتَشِطْ. [2]
|
Dari Ummu Athiyyah Radliyallaahu ‘anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Janganlah
seorang perempuan berkabung atas kematian lebih dari tiga hari, kecuali atas
kematian suaminya ia boleh berkabung empat bulan sepuluh hari, ia tidak boleh
berpakaian warna-warni kecuali kain ‘ashob, tidak boleh mencelak matanya,
tidak menggunakan wangi-wangian, kecuali jika telah suci, dia boleh menggunakan
sedikit sund dan adhfar (dua macam wewangian yang biasa digunakan perempuan
untuk membersihkan bekas haidnya).” Muttafaq Alaihi dan lafadhnya menurut
Muslim. Menurut riwayat Abu Dawud dan Nasa’i ada tambahan: “Tidak boleh
menggunakan pacar.” Menurut riwayat Nasa’i: “Dan tidak menyisir!”
2.2
Makna Mufrodat
نُفِسَتْ اي وَلَدَتْ:نفست المرأة غلاما : melahirkan
لَيَالٍ ج لَيْلَةٌ : beberapa
malam
طلب الإذن : استأذن-يستأذن-إستأذان : meminta izin[3]
2.3
Biografi Perawi Hadis
رسول الله صلّى الله عليه
وسلّم
II
مِسْوَرِ
بْنِ مَخْرَمَة
Lahir 2 H, wafat 64 H (usia 62 tahun)
عُرْوَةَ
Lahir 23 H,
wafat 95 H (usia 72 tahun)
هِشَامِ
بْنِ عُرْوَة
Lahir 61 H,
wafat 145 H (usia 84 tahun)
مَالِكٌ
Lahir 93 H,
wafat 179 H (usia 86 tahun)
يَحْيَى
بْنُ قَزَعَةَ
a.
Miswar bin Makhramah
Nama lengkap beliau adalah Miswar bin Makhramah bin
Naufal bin Uhaib bin abdu manaf bin Zahrah bin kilab al-Qurasyi, Abu Abdur
Rahman az-Zuhri. Ibunya bernama Syifa’ binti Auf.
Menurut Umar bin Ali beliau lahir pada tanggal 2 H di Makkah dan wafat pada 64
H. Beliau termasuk sahabat Nabi. Diantara Guru beliau adalah: Rasulullah SAW,
Abdullah bin Abbas, Abdur Rahman bin Auf (paman dari ibu beliau), Usman bin
Affan, Ali bin Abi
Tholib.[4]
b.
Urwah
bin Zubair
Nama lengkap beliau adalah Urwah
bin Zubair bin Awam bin Khuwailid al-Quarasyi al-Asadi, Abu Abdullah al-Madani.
Beliau lahir di akhir kekholifahan
Umar bin Khattab pada tahun 23 H dan wafatnya menurut Ibn Abi Khaitsamah pada
tahun 95 H. Beliau hidup di masa tengah-tengah tabi’in. Menurut Ibn Hajr beliau
adalah tsiqah. Diantara guru beliau adalah Miswar bin Makhramah, Amr bin Ash,
Qhais bin Said bin Ibadah, Muhammad bin Musalamah al-Anshari, Marwan bin Hakim.[5]
c.
Hisyam
bin Urwah
Nama lengkap beliau adalah Hisyam bin Urwah bin Zubair
bin Awam al-Qurasyi al-Asady, Abu Mundzir, dan ada yang mengatakan Abu ‘Abdullah
al-Madani. Menurut Kharbi dan dikuatkan oleh Abu Naim dan yang lainnya sunnah
al-khamsah, menurut Ibn Said dan Ajali, beliau adalah tsiqah dan menurut Ibn
Hatim tsiqah, Imam di dalam hadis.[6] Diantara
guru beliau adalah Urwah bin Zubair,
Umar bin Abdullah bin Umar bin Khattab, Umar bin Khuzaimah, Umar bin Suaib, Umar bin Haris bin Tufail. Beliau lahir pada 61 H dan
wafat tahun 145 Hijriyah.
d.
Malik
bin Anas
Nama lengkap beliau adalah Malik
bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amr as-Subhi Humairi, Abu Abudullah
al-Madani al-Faqih. Beliau lahir pada tahun 93 H. dan wafat pada tahun 179 H.
menurut Ibn
Hajar beliau adalah إمام دار الهجرة, رأس المتقنين, وكبير
المتسبتين sehingga
menurut Imam Bukhari hadis yang diriwayatkan oleh Anas
bin Malik bin Abi Amir adalah semua
sanadnya shohih. Diantara guru beliau adalah Hisyam bin Urwah, pamannya Abi
Sahil Nafi’ bin
Malik, Nafi’ Maula
Ibn Umar.[7]
e.
Yahya bin Quza’ah
Nama lengkap
beliau adalah Yahya Quza’ah Qurasyi, al-Hijazi al-Makki, Muaddhin, meriwayatkan
darinya Imam Bukhari, menurut Ibn Hajar beliau adalah maqbul sedang menurut
dhahabi adalah tsiqah. Diriwayatkan darinya oleh Imam Bukhari, Ahmad di Sholih
aal-Misri, Ibrahim bin Mundzir al-Hizami, Muhammad bin Muslim ibn Warati,
Dhahili, Abu Yahya bin Abi Maisarah al-Makki, dan menurut Ibn Hibban beliau
adalah tsiqah.[8]
Diantara guru beliau
adalah Abdurrahman bin Abi Rijal, Umat bin Abi Aisyah al-Madani, Malik bin
Anas, Mughirah bin Abdurrahman al-Hazami.
[2] Kahar Masyhur, Bulughul Maram, Jilid
2, (Jakarta: Rineka Cipta, 1992), hal. 122
[3] A.W. Munawir, Kamus al-Munawir Arab-Indonesia Terlengkap
[4] Syihabuddin Ahmad bin Ali
bin Hajar al- Asqalani, Tahdzibu tahdzib Juz 8, (Bairut: Darul Fiqr,
1994), hal. 177
[5] Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar al- Asqalani, Tahdzibu tahdzib Juz
5, (Bairut: Darul Fiqr, 1994), hal. 548
[6] Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar al- Asqalani, Tahdzibu tahdzib Juz
9, (Bairut: Darul Fiqr, 1994), hal. 57
[7] Mausuah Ruwat al-Hadis,
(Markaz Nur al-Islam li Abhats al-Qur’an wa al-Sunnah, al-Ishdarus Tsani:
2000) no. Urut 6426
[8] Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar al- Asqalani, Tahdzibu tahdzib Juz
9, (Bairut: Darul Fiqr, 1994), hal. 283
No comments:
Post a Comment